Halaman

Subscribe:

Rabu, 22 Februari 2012

Pulau Bangkaru - Istana Para Penyu

Pulau Bangkaru adalah sebuah pulau yang termasuk dalam kepulauan Banyak yang terletak di Samudra Hindia di sebelah barat pulau Sumatra. Tepatnya terletak di sebelah barat pulau Tuangku yang termasuk dalam wilayah administratif dari kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Secara geografis terletak di titik koordinat 2°4′0″LU,97°7′0″BT.



Pantai pulau ini (pantai Amandangan dan pantai Pelanggaran) merupakan tempat bertelurnya penyu hijau, penyu belimbing dan penyu sisik. Selain itu, di kedua pantai ini merupakan salah satu tempat favorit untuk melakukan surfing dengan ombak yang mencapai ketinggian hingga 5 meter.




Selain keindahan pantainya, Pulau Bangkua lebih identik dengan Penyunya karena banyak Penyu singgah di pulau tersebut. Penyu yang banyak terdapat di Pulau Bangkua adalah Penyu hijau. Penyu Hijau juga merupakan Primadona di Pulau Bangka karena keindahan dan hanya ada di Indonesia. Tapi seiring berjalannya waktu Pulau bangka kini menjadi Pulau Air Mata Penyu Hijau karena penyu hijau banyak diburu secara besar-besaran. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus harus bisa mengembangkan dan melestarikan satwa maupun fauna khususnya Penyu Hijau supaya terhindar dari Kepunahan.



Semangat berjuang untuk meningkatkan kesadaran saling melindungi dan memahami pentingnya hubungan, ketergantungan alam dan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar