Halaman

Subscribe:

Rabu, 22 Februari 2012

Intel Rosepoint, Prosesor Atom Dual Core Dengan Integrasi Wifi Dan Hemat Daya












Intel memperkenalkan Rosepoint, sebuah cip yang terintegrasi dengan fungsi Wi-Fi, namun tak memakan banyak daya dan akan memamerkannya di event ISSCC 2012 di San Fransisco pekan ini dengan nama Rosepoint.

Rosepoint adalah sebuah prosesor Atom dual core yang telah menyatu dengan transceiver WiFi di chip yang sama. System on a chip (SoC) 32nm ini akan memberikan penurunan yang signifikan dalam hal ongkos pembuatan.

Chief Technology Officer Intel Justin Rattner mengatakan rahasia kinerja Rosepoint ada pada RF. Ini adalah teknologi yang diilhami dari hukum Moore dan memiliki "seni efisiensi daya". "Ia mampu menurunkan skala pemakaian secara otomatis," kata Rattner.

Selain itu, penggunaan SoC juga akan menghemat daya yang digunakan dan akan mempengaruhi ukuran untuk laptop, tablet dan smartphone yang menggunakan prosesor ini.
Salah satu kesulitan dalam membuat cip ini terletak pada bagaimana menyatukan Wi-Fi transceiver dan prosesor pada lapisan yang sama tanpa adanya gangguan kinerja. Alasannya, keduanya beroperasi dalam frekuensi yang sama.
Dikutip dari The Verge, WiFi yang diintegrasikan ke Rosepoint adalah chip RF digital yang lebih murah. Chip WiFi digital dapat diubah ukurannya dengan hukum Moore dan memiliki efisiensi daya yang bagus.
Chip tersebut belum siap dan baru mendukung WiFi 2,4 GHz. Menurut Intel kesulitan dalam membuat transceiver WiFi dan prosesor dual core dalam satu chip adalah gangguan yang disebabkan keduanya bekerja dalam frekuensi yang hampir mirip.

Kehadiran prosesor Rosepoint menunjukkan keseriusan perusahaan yang berbasis di Santa Clara, California, ini untuk masuk dalam bisnis perangkat bergerak.

Dalam sebuah memo internal yang bocor ke media pada Desember tahun lalu, terungkap bahwa perusahaan ini berencana membuat unit bisnis baru yang khusus menangani bidang "komunikasi dan perangkat bergerak".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar